Minggu, 13 Desember 2009

Lumba-lumba "Pink" Amazon


Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Mammalia
Subclass: Eutheria
Order: Cetacea
Suborder: Odontoceti
Superfamily: Platanistoidea
Family: Iniidae
Genus: Inia
Species: I. geoffrensi


Kawanan lumba-lumba berenang di antara pepohonan. Dengan meliuk-liukkan tubuh, mereka meluncur diantara cabang dan akar pohon, menari-nari seolah memamerkan keindahannya.

Quote:
Lumba-Lumba Amazon, disebut juga Bufeo, Bufeo Colorado, BOTO, BOTO Cor de Rosa, Boutu ataupun Pink Dolphin Amazon (lumba-lumba merah jambu amazon), lumba-lumba jenis ini adalah yang terbesar untuk lumba-lumba air tawar. Saat ini, jenis dari lumba-lumba ini terancam kepunahan akibat perburuan, polusi dan degradasi habitat.

Taxonomy

Spesies ini digambarkan oleh Henri Marie Ducrotay de Blainville pada tahun 1817.

1998 terbaru klasifikasi daftar spesies tunggal, Inia geoffrensis, dalam genus Inia, dengan tiga subspesies diakui. Beberapa klasifikasi lebih tua serta beberapa publikasi terbaru terdaftar pada populasi boliviensis sebagai suatu spesies terpisah, namun sebagian besar masyarakat ilmiah termasuk IUCN (International Union for Conservation of Nature) menganggap boliviensis menjadi subspesies Inia geoffrensis.

Tiga subspesies diakui saat ini adalah:
I.g. geoffrensis - Amazon dan Araguaia / Tocantins basin populasi (tidak termasuk daerah drainase Sungai Madeira, hulu dari Rapids di Teotonio Rondonia)
I.g. boliviensis - Amazon basin (Bolivia sub-basin) penduduk di daerah drainase Madeira di Bolivia hulu dari Teotonio Rapids
I.g. humboldtiana - Orinoco basin penduduk


Quote:

Ciri-ciri Fisik

Secara fisik lumba-lumba air tawar jenis ini tergolong cukup unik, mereka memiliki punuk pada bagian atas tubuh yang terdapat ditengah bagian tubuh sebelum ekor. Punuk tersebut sebagian ahli menganggapnya sebagai sirip, karena dapat berguna sebagai manuver untuk perairan dangkal. Ekornya juga cenderung lebih besar. Selain itu pada bagian atas dan bawah paruh terdapat bulu kaku yang memungkinkan memiliki "efek sentuhan" khusus untuk mendapatkan makanan diantara lumpur, bentuk gigi kerucut pada bagian depan dan memiliki gigi geraham pada bagian belakang. Antara kepala dan badan terdapat leher yang memungkinkan kepala dapat bergerak 90° baik ke kiri dan ke kanan, maupun ke atas dan kebawah.
Quote:
Ukuran: Panjang rata-rata sekitar 6 kaki untuk jantan (2,5 m) dengan maksimum 9 kaki (2,7 m). Betina rata-rata 6 kaki (1,8 m) dengan maksimum 8 kaki (2,4 m). Berat badan sampai 350 pound (160 kg). Berarti lumba-lumba jantan justru berukuran lebih besar dari betinanya.
Quote:
Perbandingan Ukuran Tubuh


Warna: Perbedaan warna tubuh sangat bergantung pada usia, bayi lumba-lumba berwarna abu-abu gelap yang selanjutnya berganti warna pada bagian ventral atau lebih rendah dari tubuh menjadi merah muda, yang akan berganti lagi sampai ke bagian belakang tubuh. Dapat disimpulkan semakin tua lumba-lumba amazon ini maka warnanya akan semakin pucat.
Quote:

Pembiakan: Lumba-lumba jantan mencapai kematangan seksual jika telah berukuran 7 kaki (2 m) dan perempuan sekitar 5,5 kaki (1,7 m), pada usia yang belum teridentifikasi. Bayi Lumba-lumba memiliki panjang sekitar 32 inci pada saat kelahiran (80 cm) dan beratnya sekitar 15 kilogram.
Quote:

Habitat, Distribusi & Migrasi

Lumba-lumba amazon ditemukan di bagian utara dan tengah Amerika Selatan dari delta Sungai Amazon di Andes. Secara umum terdapat pada sungai Amazon dan anak-anak sungainya dan danau serta Sungai Orinoco dan anak-anak sungainya di Venezuela. Mereka juga menghuni sungai-sungai di Columbia, Ekuador, Peru utara, Brasil, dan Bolivia. Tergantung pada tempat Lumba-lumba ini ditemukan, perbedaan dalam warna, jumlah gigi, ukuran, dan karakteristik fisik lainnya telah dilaporkan terjadi pada populasi terpisah dengan baik. Karena perbedaan ini beberapa ilmuwan berpikir lumba-lumba amazon harus dipisahkan ke dalam berbagai spesies dan subspesies.
Quote:



Tingkat Kecerdasan

Seperti lumba-lumba pada umumnya yang dikenal sebagai "hewan pintar", demikian pula jenis lumba-lumba amazon ini, bahkan dianggap yang paling pintar diantara jenis lumba-lumba air tawar. Walaupun kecerdasannya belum diuji secara ekstensif, namun perbandingan antara massa otak dan berat tubuh maka dapat disimpulkan hewan ini tergolong cerdas dan bersahabat. Membahas karakter "bersahabat" lumba-lumba amazon ini, karena tak jarang menghampiri perahu-perahu penduduk sekitar maka dari itu mempermudah para pemburu liar untuk melakukan penangkapan.
Quote:

Mythology

Dalam mitos tradisional Sungai Amazon, di malam hari Lumba-Lumba Sungai Amazon menjadi seorang pemuda tampan yang menggoda gadis-gadis, menghamili mereka, kemudian kembali ke sungai di pagi hari untuk menjadi
lumba-lumba kembali. Sebagian mengatakan bahwa mitos timbul karena alat kelamin lumba-lumba mirip manusia. Legenda juga menyatakan bahwa jika seseorang melakukan kontak mata dengan Lumba-Lumba Sungai Amazon, orang itu akan mempunyai mimpi buruk selama sisa hidupnya
Legenda setempat juga menyatakan bahwa lumba-lumba adalah wali dari Amazonian Manatee dan yang seharusnya satu keinginan untuk menemukan Amazonian Manatee.

Quote:
Gallery

Quote:



0 komentar:

Posting Komentar