Kamis, 09 Juli 2009

Sistem Pendeteksi Wajah Bisa Bongkar Penyamaran

Selama ini sistem pendeteksi wajah yang sering dipergunakan untuk sistem keamanan masih rentan terkecoh wajah yang dideteksinya.

Namun pengembangan algoritma terbaru kini bisa meningkatkan kecepatan dan akurasi pendeteksi wajah. Bahkan perangkat terbaru ini bisa mengenali jika wajah itu merupakan hasil penyamaran.

Hingga sekarang, peranti lunak pendeteksi wajah masih terus dikembangkan. Para pengembangnya berusaha agar perangkat ini memiliki kemampuan pendeteksi yang lebih akurat dan tidak memerlukan banyak tenaga komputer. Demikian keterangan yang dikutip dari TG Daily.

Perangkat ini umumnya berbasis jaringan neural, dynamic link architectures (DLA), fisher linear discriminant model (FLD), model Markov tersembunyi dan Gabor wavelets.

Kini, tim dari Florida Atlantic University mengklaim bahwa mereka telah banyak mengurangi jumlah tenaga pemroses yang dibutuhkan untuk pengenalan wajah yang akurat.

Mereka mengaplikasikan filter satu dimensi menjadi data dua dimensi dari analisis konvensional seperti pada metode Gabor.

Anggota tim telah menguji performa perangkat ini pada database standar berisi 400 foto dari 40 orang yang menjadi subjek.

Gambar yang ditampilkan berwarna hitam putih dan hanya berukuran 92 x 112 pixel. Mereka mengklaim teknik algoritma baru yang mereka kembangkan memiliki kinerja yang lebih cepat dan efektif. Terutama dalam hal mengenali resolusi gambar yang dihasilkan oleh kamera CCTV standar.


Perangkat baru ini juga disebut-sebut sebagai solusi masalah pendeteksian yang disebabkan oleh perbedaan tingkat cahaya dan bayangan, juga sikap serta ekspresi wajah. Oleh karenanya, dengan penghitungan algoritma baru, sistem pendeteksi wajah bisa mengenali penyamaran dengan akurat.

0 komentar:

Posting Komentar